Senin, 20 November 2023

Doa Sebelum Masuk Kamar Kecil

*_Al I'lam bi Ahaditsi al Ahkam_ (33)*


Dalil Disunnahkannya Membaca Doa اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الخُبُث والخَبَائِث Sebelum Masuk Kamar Kecil


عن أنس رضي الله عنه قال: كَان النبي صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَل الخَلَاء قال: اللّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الخُبُث والخَبَائِث. رواه الشيخان

Dari sahabat Anas beliau berkata: "Bahwasanya Rasulullah jika akan masuk ke dalam kamar kecil beliau mengatakan (maknanya): "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan dengan-Mu dari gangguan setan laki-laki dan perempuan." (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

WC/kamar kecil dinamakan dengan خلاء (Khala') karena dia akan kosong pada waktu selain buang hajat dan karena setan yang ditugaskan di _khala'_ bernama Khala.


_Al khubuts_ ( الخبث ) artinya setan laki-laki. Dia adalah bentuk jama' dari _khabits_ (خبيث). Sedangkan _al khabaits_ (الخبائث) artinya setan perempuan. Dia adalah bentuk jama' dari _khobitsah_ (خبيثة). Ada yang mengatakan _al khubts_ artinya para setan sedangkan _al khabaits_ artinya maksiat-maksiat. Dikatakan juga bahwa _al khubts_ artinya para setan sedangkan _al khabaits_ artinya kencing dan tinja.

Adapun Nabi memohon perlindungan dari hal tersebut adalah untuk menampakkan _ubudiyyah_ serta mengajarkan kepada umatnya karena pada hakekatnya beliau adalah orang yang _ma'shum_ (terjaga) dari hal tersebut. 


Hadits ini adalah dalil disunahkannya doa tersebut. Hal ini dikarenakan kata كان pada hadits ini menunjukkan hal yang dilakukan terus-menerus bahkan (di luar hal itu) perkara ini adalah memang disunnahkan secara ijma' baik (buang hajat) di bangunan ataupun di padang pasir karena tempat buang hajat menjadi rumah bagi para setan. Disunnahkan juga mengucapkan basmalah sebelum do'a tersebut. Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Anas:

بسم الله، اللهم إني أعوذ بك من الخبث والخبائث


Berbeda halnya dengan ucapan _ta'awudz_ di dalam shalat dan selainnya karena _ta'awudz_ dalam hal tersebut didahulukan karena untuk membaca (al Qur'an) dan _basmalah_ merupakan ayat dalam al Qur'an, berbeda dengan _basmalah_ pada do'a ini (karena _basmalah_ tidak diucapkan untuk membaca al Qur'an).


Faidah: Asy-Syaikh Abdullah Al-Harari banyak memperingatkan agar seseorang tidak berlama-lama di dalam kamar kecil karena tempat tersebut banyak disukai oleh setan dan banyak terjadi waswas disebabkan terlalu sering berlama-lama di kamar kecil. Para ulama menjelaskan, di antara hal-hal yang dapat melindungi seseorang dari gangguan jin di dalam kamar kecil adalah dengan memakai sesuatu yang menutupi kepalanya.

0 komentar:

Posting Komentar