Sabtu, 14 Oktober 2017

KISAH YANG MENGAGUMKAN

KISAH YANG MENGAGUMKAN
SEMOGA KITA DAPAT MENGAPLIKASIKAN

روي عن سهلٍ التسـتري أنه كان له جار مجوسي،
Diriwayatkan dari Sahl at-Tasturi bahwa beliau mempunyai seorang tetangga yang beragama Majusi.

 فانفتح خلاء المجوسي إلى دار سهل، وصار القذر يدخل بيت سهل ويلوثه، فبقي سهل لفترة يزيل ما يجتمع من القذر في بيته حتى مرض،
Pada suatu ketika, lubang toilet rumah seorang Majusi tersebut terbuka menuju ke rumah Sahl, maka kotoran itu menjadi masuk ke rumah Sahl dan mengotorinya. Maka beberapa waktu lamanya Sahl senantiasa menghilangkan kotoran yang sudah terkumpul di rumahnya sehingga beliau sakit. 

فدعا المجوسي وأخبره بالأمر،
 وقال له: إني أخشى أن لا يتحمل ورثتي ذلك الأذى كما كنت أتحمله فيخاصمونك !
Dalam kondisi sakitnya inilah (ketika beliau merasa ajal akan tiba) beliau memanggil tetangga Majusi tersebut dan memberitahukan permasalahan ini. Beliau mengatakan kepadanya: Sesungguhnya aku merasa takut terhadap keturunanku yang tidak akan kuat menanggung kotoran ini sebagaimana aku menanggungnya, maka hal ini akan menyebabkan dia akan bertengkar denganmu. 

فتعجب المجوسي من صبر سهل على هذا الأذى العظيم ثم قال له: تعاونني بذلك هذه المدة الطويلة وتصبر علي، وأنا على غير دينك!!!
Maka tetangga Majusi tersebut merasa kagum dengan kesabaran Sahl atas gangguan yang sangat besar ini, kemudian dia berkata kepada beliau: Engkau telah menolong aku dengan kejadian ini begitu lama dan bersikap sabar terhadap aku, padahal aku tidak seagama denganmu. 

وقال له: مُدَّ يدك، مُدَّ يدك ..
 فمد سهل يده، فصافحه وقال أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا رسول الله
ثم مات سهل رضي الله عنه .
Lalu dia berkata kepada beliau: Ulurkan tanganmu, ulurkan tanganmu. Maka Sahl mengulurkan tangannya, lalu dia menyalaminya dan mengucapkan syahadat (ingin masuk agama Islam):
أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا رسول الله
Kemudian, Sahl wafat -semoga Allah meridhainya, aamiin. 

Inilah salah satu di antara contoh bertetangga dengan baik, meskipun tetangga tidak seagama, meskipun tetangga berbuat salah, maka kita harus berbuat baik.

Semoga Allah memudahkan kita untuk meneladani / mengikuti kehidupan Sahl at-Tasturi di dalam kehidupan bermasyarakat. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar