Selasa, 24 Desember 2019

Rukun Islam

*Materi Kitab al Arba'in an Nawawiyah (Hadits 3)*

عن أبي عبد الرحمن عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ ابن الخطاب رضي الله عنهما قال سمعت رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يقول بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ الله وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
"Islam dibangun atas lima dasar: yaitu persaksian bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah, bahwa Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa Ramadhan." HR al Bukhori dan Muslim.

*Penjelasan*
✅ Hadits ini menjelaskan tentang rukun Islam; lima dasar agama Islam atau pondasi yang di atasnya Islam dibangun dan berdiri tegak.
✅Penjelasan tentang rukun Islam telah diuraikan pada penjelasan hadits kedua, karenanya pada hadits ini akan diuraikan penjelasan tentang keutamaan masing-masing rukun Islam.
1️⃣ Membaca dua kalimah syahadat
❤️Orang yang akhir perkataan dan keyakinannya adalah dua kalimah syahadat akan masuk surga. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ
 "Barangsiapa yang akhir perkataannya Laa Ilaaha illaa Allah (wa muhammadur Rasulullah) maka ia akan masuk surga."HR Abu Dawud
❤️Orang yang membaca dua kalimah syahadat dan meyakini maknanya tidak akan abadi di neraka, sebanyak apapun dosa yang dilakukannya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
 وَيَخْرُجُ مِنْ النَّارِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَفِي قَلْبِهِ وَزْنُ ذَرَّةٍ مِنْ خَيْرٍ
"Dan akan dikeluarkan dari neraka siapa yang mengatakan Laa ilaaha ilaa Allah (wa Muhammadur Rasulullah) dan dalam hatinya ada kebaikan sebesar biji sawi. HR al Bukhori
2⃣Mendirikan sholat
❤️Sholat adalah perbuatan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ
 "Pada hari kiamat pertama kali yang akan Allah hisab atas amalan seorang hamba adalah shalatnya, jika shalatnya baik maka ia akan beruntung dan selamat, jika shalatnya rusak maka ia akan rugi dan tidak beruntung. Jika pada amalan fardlunya ada yang kurang maka Rabb 'azza wajalla berfirman: "Periksalah, apakah hamba-Ku mempunyai ibadah sunnah yang bisa menyempurnakan ibadah wajibnya yang kurang?" lalu setiap amal akan diperlakukan seperti itu." HR at Tirmidzi.
❤️Orang yang mendirikan sholat lima waktu dengan sempurna maka dia dijanjikan akan masuk surga. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
 خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَلَى الْعِبَادِ مَنْ أَتَى بِهِنَّ لَمْ يُضَيِّعْ مِنْهُنَّ شَيْئًا اسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ كَانَ لَهُ عِنْدَ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَهْدٌ أَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَمْ يَأْتِ بِهِنَّ فَلَيْسَ لَهُ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدٌ إِنْ شَاءَ عَذَّبَهُ وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُ
"Ada lima shalat yang diwajibkan oleh Allah tabaaraka wa ta'aala atas para hamba, barang siapa yang menunaikannya tanpa menyia-nyiakannya dengan mengganggap remeh kewajibannyaa maka Allah Tabaaaroka wa ta'aala berjanji akan memasukkannya ke dalam surga dan barang siapa yang tidak menunaikannya maka Allah tidak berjanji akan memasukkannya ke dalam surga, jika Allah berkehendak maka akan mengadzabnya dan jika berkehendak akan merahmatinya." HR Ahmad
3⃣Menunaikan zakat
❤️Zakat mensucikan diri dan harta manusia. Allah berfirman :
خُذ مِن أَموالِهِم صَدَقَةً تُطَهِّرُهُم وَتُزَكّيهِم بِها
" Ambillah zakat dari harta mereka, Zakat itu akan bisa mensucikan mereka"
4⃣Haji ke Baitullah
❤️Orang yang menjalankan haji dan memperoleh haji Mabrur maka akan masuk surga. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةَ
"Haji mabrur, tidak ada balasan baginya melainkan hanya syurga" HR Ahmad.
5⃣Puasa Ramadlan
❤️Orang yang berpuasa Ramadhan atas dasar keimanan dan keikhlasan akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
 وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
 "Barangsiapa yang melaksanakan puasa Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dariNya) maka akan diampuni dosa-dosa yang telah dikerjakannya". HR al Bukhori dan Muslim.

والله أعلم بالصواب
#رابطةالمبلغين النهضية كديري

0 komentar:

Posting Komentar