Selasa, 19 September 2023

Silsilah Nasab Mulia Nabi Muhammad

Silsilah Nasab Mulia Nabi Muhammad ﷺ

Nabi Muhammad ﷺ dilahirkan pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah, atau 570 Masehi. Karena itu, tiap bulan Rabiul Awal, umat Islam menggelar perayaan Maulid Nabi ﷺ.
Disebut tahun gajah karena di tahun yang sama dengan kelahiran Nabi, pasukan gajah Abrahah hendak menyerang Ka'bah dan dihancurkan burung Ababil.

Nabi Muhammad ﷺ adalah putra dari pasangan suami istri yang mulia, sayyidina Abdullah bin Abdul Muthalib dan sayyidah Aminah binti Wahab. Kedua orang tersebut berasal dari keturunan mulia dari nasab terpilih.

Disebutkan dalam hadits secara gamblang bahwa Rasulullah ﷺ berasal dari keturunan pilihan dari yang terpilih. Ini Merujuk pada bani Kinanah yang terpilih dari keturunan Nabi Ismail, Quraisy yang terpilih dari keturunan Kinanah, dan Hasyim dari keturunan Quraisy. Allah ta'ala menurunkan Rasulullah ﷺ dari keturunan Ismail bin Ibrahim 'alayhimassalâm hingga Nabi Adam 'alayhissalam. Imam al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallahu anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

بُعِثْتُ مِن خَيرِ قُرُونِ بَنِي آدَمَ قَرْنا فَقَرنا حَتَّى بُعثتُ من القرن الذي كُنتُ مِنه

Artinya: "Aku diutus dari keturunan bani Adam yang terbaik pada setiap kurunnya, hingga sampai pada kurun dimana aku dilahirkan" (HR. Bukhari).

Melihat nasab beliau hingga Nabi Ibrahim dan Adam 'alayhimassalâm, disimpulkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ berasal dari golongan termulia dari yang mulia. Dalam nasabnya, tak ada cela yang menunjukkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ memang dipersiapkan sebagai Sayyidul Anbiya' wal Mursalin, pemimpin para nabi dan rasul.

0 komentar:

Posting Komentar