Minggu, 24 September 2023

Sebagian Mukjizat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam

"Sebutkanlah sebagian mukjizat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam"

: "Di antara Mukjizat beliau Shallallahu Alaihi Wasallam adalah tangisan kuat dari batang kurma, ini merupakan kabar yang Mutawatir.

Diriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di saat memberikan Khutbah beliau bersandar pada batang pohon kurma Di masjidnya sebelum dibuatkan untuk beliau sebuah mimbar,
lalu Dikatakan Kepada beliau: "wahai Rasulullah Andaikan kami buatkan untuk Anda mimbar" beliau pun menjawab: "lakukanlah jika kalian mau".
ketika beliau dibuatkan mimbar Rasul pun menaiki mimbar tersebut dan memulai khutbahnya dengan berdiri di atas mimbar, namun setelahnya terdengar suara tangisan seperti Tangisan Anak kecil dari batang kurma yang di tinggal Rasul tersebut, tangisan yang menunjukkan Kerinduan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Allah menjadikan pada pohon ini kehidupan Meskipun tidak ada Ruh di sana, Allah jadikan untuknya perasaan sehingga rindu terhadap Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, dan tangisan pohon kurma ini didengar oleh seluruh yang ada di Masjid Rasul saat itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun turun lalu mendekap dan memeluknya hingga batang kurma tersebut terdiam.

Juga di antara mukjizat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau mampu membuat hewan menyampaikan apa yang sedang terjadi padanya.

Telah diriwayatkan oleh Al-Imam Ahmad dalam Musnadnya dan Al-Baihaqi dalam kitab Dalail An-Nubuwwah dengan sanad yang shahih dari hadisnya ya'la Bin Murrah ia berkata: "Ketika Kami berjalan bersama Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam lewat di hadapan kami seekor unta yang mangangkut air di atasnya, dan disaat unta tersebut melihat Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam dia mengeluarkan suara dari tenggorokannya lalu merendahkan lehernya, Nabi pun berdiri di dekatnya lalu bertanya: "Di manakah pemilik unta ini"? Lalu pemiliknya datang, Nabi pun mengatakan kepadanya: "Juallah unta ini kepadaku!", sang pemilik mengatakan: "Kalau engkau mau ya Rasulullah kami akan berikan kepadamu sebagai hadiah! hanya saja dia ini milik sebuah keluarga yang tidak memiliki sumber kehidupan selain darinya"
Baginda Nabi pun mengatakan: "Adapun berdasarkan yang engkau Sebutkan itu maka dia telah mengadukan kepadaku pekerjaan yang ditanggungnya terlalu banyak sementara makanan yang ia dapatkan sedikit, maka saya perintahkan kalian agar berlaku baik kepada unta Ini!".

juga di antara mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah memancarnya air deras dan besar dari sela-sela jari Baginda Nabi.

Mukjizat seperti ini belum pernah terjadi pada Nabi-Nabi sebelumnya selain kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, di mana air memancar dari sesuatu yang berasal daripada tulang, otot-otot, daging dan darah.

Ini lebih luar biasa daripada memancarnya air dari batu keras yang dipukul oleh Nabi Musa dengan tongkatnya karena keluarnya air dari batu sesuatu yang bisa di jumpai, berbeda dengan keluarnya air daripada daging dan darah.

Berita tentang memancarnya air yang begitu deras dan banyak dari tangannya Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ini diriwayatkan oleh Jabir, Anas, Ibnu Mas'ud, Ibnu Abbas, Abu Laila Al-Anhsari dan Abu Rafi'.

Juga di antara mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengembalikan mata sahabat Qatadah setelah copot dari tempatnya.

Telah diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam kitab dalailun Nubuwwah dari Qatadah bin Nu'man Radhiallahu 'Anhu bahwasanya ia terluka saat peperangan Badar sehingga menggantung bola matanya di atas pipinya, para sahabat yang melihat itu ingin memotongnya, namun Mereka bertanya kepada Rasulullah beliau menjawab: "tidak jangan dipotong!" beliau pun berdoa lalu mengusap bola mata tersebut dengan tangannya dan mengembalikannya ke posisinya, dan Qatadah pun sembuh, bahkan ia tidak tahu mata manakah yang pernah terluka, karena telah sembuh dengan baik sekali.

Dan di antara Mukjizat beliau Shallallahu Alaihi Wasallam bertasbihnya makanan di tangan Beliau sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari hadis Ibnu Mas'ud juga.

Juga diantara Mukjizat beliau terbelahnya bulan, pernah suatu ketika orang-orang kafir meminta beliau agar menunjukkan kepada mereka suatu bukti bahwa beliau adalah seorang Nabi beliau, pun mengisyaratkan kepada bulan tersebut hingga bulan itu terbelah menjadi dua, dan itu disaksikan orang-orang yang ada di Makkah saat itu bahkan disaksikan oleh orang-orang di luar Makkah.

0 komentar:

Posting Komentar