Kamis, 02 Januari 2020

Materi Kitab al Arba'in an Nawawiyah (2-5)

Materi Kitab al Arba'in an Nawawiyah (2-5)

ثُمَّ انطلقَ فلبثتُ مليّا، ثُمَّ قال: “يا عمر أتدري مَن السائل؟” قُلتُ: اللهُ ورسولهُ أعلم. قال: “فإنّهُ جبريل أتاكم يعلمكم دينكم” رواهُ مسلم.

"...  Dia  kemudian bertolak pergi, dan aku tetap saja heran kemudian beliau berkata; "Wahai Umar, apakah kamu tahu siapa penanya tersebut?" Aku menjawab, 'Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.' Beliau bersabda: "Itulah Jibril, dia mendatangi kalian untuk mengajarkan kepada kalian tentang pengetahuan agama kalian'."

Penjelasan
✅ Umar ibn al Khaththab dan para sahabat heran dan bertanya-tanya tentang identitas laki-laki yang datang kepada nabi saat itu, karena dua hal:
1⃣ Tidak ada seorangpun sahabat yang telah mengenalnya sebelumnya, meskipun tidak ada tanda-tanda bahwa dia orang yang datang dari daerah yang jauh, baik pada pakaian, rambut maupun penampilannya.
2⃣Laki-laki itu bertanya kepada Nabi, tetapi setelah nabi menjawabnya dia membenarkan jawaban Nabi.

✅Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengetahui bahwa para sahabat heran dan ingin mengetahui identitas laki-laki yang datang tersebut, sehingga beliau bertanya kepada Umar: "Apakah kamu tahu siapa orang yang bertanya?".
✔Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjelaskan bahwa yang datang adalah malaikat Jibril.
✔Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah di tengah-tengah para sahabat untuk mengajarkan dasar-dasar ilmu agama kepada para sahabat.

❤Malaikat Jibril adalah di antara para pemimpin para malaikat, dan salah satu malaikat yang paling mulia.

❤Malaikat Jibril adalah rasul di kalangan malaikat, karena rasul selain ada di kalangan manusia juga ada di kalangan malaikat, berbeda dengan nabi yang hanya ada di kalangan manusia. Allah ta'ala berfirman :
(ٱللَّهُ یَصۡطَفِی مِنَ ٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةِ رُسُلࣰا وَمِنَ ٱلنَّاسِۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِیعُۢ بَصِیرࣱ)
[Surat Al-Hajj 75]

❤Malaikat Jibril adalah Amiin al Wahyu; malaikat yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada para Nabi.

❤Malaikat Jibril dalam menyampaikan wahyu terkadang merubah wujudnya menjadi seorang laki-laki tampan, tanpa alat kelamin laki-laki. Dan tidak pernah merubah wujudnya dalam wujud seorang perempuan. Karena para malaikat itu bukan laki-laki dan bukan perempuan.

❤Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melihat wujud asli malaikat Jibril dua kali.
1⃣Beliau melihatnya di daerah Ajyad Makkah, pada saat itu beliau pingsan melihatnya, karena beliau belum pernah melihat wujud asli Jibril dengan 600 sayap yang satu sayapnya jika dibuka maka ufuk Timur dan barat akan tertutup, karena sangat besarnya. Beliau pingsan, karena tidak menyangka bahwa Allah menciptakan makhluk dalam bentuk seperti yang telah dilihatnya.
2⃣Ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dimi'rajkan. Pada saat itu beliau tidak pingsan, karena beliau telah melihatnya sebelumnya. Allah ta'ala berfirman :
(وَلَقَدۡ رَءَاهُ نَزۡلَةً أُخۡرَىٰ ۝  عِندَ سِدۡرَةِ ٱلۡمُنتَهَىٰ)
[Surat An-Najm 13 - 14]

✅Selain ingin mengajarkan tentang Islam, Iman, Ihsan dan tanda kiamat, Jibril juga menunjukkan adab seorang guru dalam mengajar, di antaranya dia hendaknya mengenakan pakaian yang bagus dan bersih

والله أعلم بالصواب
#رابطةالمبلغين النهضية كديري

0 komentar:

Posting Komentar